Program Studi Pendidikan Sejarah
Ketua          : Dr. Zusmellia, M.Si
Sekretaris  : Liza Husnita, S.Pd

Program Studi Pendidikan Geografi
Ketua          : Drs. Edi Suarto
Sekretaris  : Slamet Rianto, S.Pd


Minggu, 05 April 2009

Sinopsis Mata Kuliah Program Studi Pendidikan Geografi

SINOPSIS


 

A.    MATA KULIAH PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN (MPK)


 

STKIP 001 Pendidikan Agama Islam (3 sks)

Terbimbingnya sarjana muslim yang bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berfikir filosofis, bersikap rasional dan dinamis, serta menghargai kerjasama antara umat bergama dalam mengabdikan ilmu, teknologi dan seni untuk kepentingan nasional.


 

STKIP 002    Pendidikan Kewarganegaraan (3 sks)

Memberikan pengertian tentang pendidikan kewarganegaraan yang mencakup Wawasan Nusantara, kelangsungan hidup bangsa melalui TANAS, pengembangan pengertian POLSTRANAS.


 

STKIP 003    Kemampuan Bahasa Indonesia (3 sks)

Membina dan mengambangkan keterampilan menggunakan bahasa Indonesia sebagai media penyampaian ilmu pengetahuan. Aksentuasi perkuliahan pada keterampilan berbahasa Indonesia yang baik dan benar baik lisan maupun tertulis dalam karangan ilmiah, dan surat menyurat, dengan memahami struktur kalimat, pengembangan paragraf, membuat komentar, membuat kesimpulan dan resensi.

B. MATA KULIAH KEILMUAN DAN KETRAMPILAN (MKK)

GEO 30001    Pengantar Ilmu Geografi (3 sks)

Memberikan dasar-dasar filsafat dan tatanan ajaran geografi kaitannya dengan ilmu-ilmu lain.

GEO 30002    Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa (3sks)

Memberikan pemahaman mengenai jagad raya melalui penelaahan teoritis, praktikum laboratorium pengamatan lapangan serta keterkaitannya dengan kehidupan di muka bumi.


 

GEO 30003    Geologi Umum (3 sks)

Memberikan pengetahuan tentang proses dinamika lapisan kulit bumi yang meliputi tenaga, kejadian dan bentuk-bentuknya secara teoritis serta praktikum dilapangan

GEO 30004    Geomorfologi Umum (3 sks)

Memberikan dasar teoritis tentang gaya atau proses, dinamika kulit bumi serta praktikum dilapangan .


 

GEO 30005    Geografi Penduduk/Demografi (3 sks)

Memberikan pengetahuan tentang jumlah, persebaran, komposisi dan dinamika penduduk serta melakukan analisis keruangan melalui penghitungan secara teoritis dan perhitungan di lapangan.


 

GEO 30006    Geografi Tanah (3 sks)

Memberikan pengetahuan tentang pembentukan jenis tanah, persebaran sifat dan permasalahannya serta keterkaitannya dengan kehidupan sehari-hari.


 

GEO 30007    Meteorologi/Klimatologi Praktikum (3 sks)

Membahas tentang dinamika atmosfir, pemanfaatan sumberdaya atmosfir dan kegiatan lapangan serta penggolongan iklim dimuka bumi


 

GEO 30008    Kartografi (3 sks)


 

Memberikan pengetahuan dan keterampilan teknik pembuatan dan pemahaman fenomena geografi.


 

GEO 30009    Aplikasi Bahasa Inggris (3 sks)

Membahas topik utama dalam geografi yang menggunakan literature Bahasa Inggris serta menggunakan istilah-istilah buku ilmu geografi secara internasional


 

GEO 30010    Oceanografi (3 sks)

Memberikan dasar-dasar teori tentang proses terjadinya laut, morfologi laut, fisika, kimia, biologi serta pengaruhnya terahadap kehidupan manusia.


 

GEO 30011    Hidrologi Dasar (3 sks)

Pembahasan teoori maupun lapangan tentang air, yang meliputi tentang persebarannya, sifat, gerakan baik dari daratan maupun lautan dan permasalahannya serta kerterkaitannya dengan kehidupan sehari-hari.


 

GEO 30012     Geologi Indonesia (3 sks)

Memberikan pengetahuan tentang tenaga, kejadian bentuk dan penyebaran serta dinamika lapisan kulit bumi khususnya Indonesia, secara teoritis dan praktikum di lapangan.


 

GEO 30013    Geomorfologi Indonesia (3 sks)

Memberikan pengetahuan tentang bentuk-bentuk muka bumi, tenaga proses persebaran serta dinamika lapisan kulit bumi di Indonesia dan praktikum dilapangan


 

GEO 30014     Penginderaan Jauh/Foto Udara (3 sks)

Memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang teknik-teknik pengamatan dan penafsiran fenomena geografi melalui foto udara dan citra penginderaan jauh secara teoritis dan praktikum laboratorium.


 

GEO 30015    Geografi Ekonomi (3 sks)

Memberikan pengetahuan mengenai berbagai variasi gejala geografi dipermukaan bumi dan kegiatan manusi dalam bidang ekonominya meliputi produksi, konsumsi dan pertukaran di berbagai daerah/wilayah.


 

GEO 30016    Ekologi (3 sks)

Memberikan dasar-dasar ilmiah tentang ekologi dan lingkungan dalam hubungannya dengan ekosistem serta usaha manusia untuk menjaga kelestariannya.


 

GEO 30017    Geografi Desa Kota (2 sks)

Memberikan pengetahuan dan mengkaji permasalahan yang berkaitan tentang pola pemukiman tata guna lahan dan ruang dan teori lokasi serta strukutr internal perkotaan dan pedesaan.


 

GEO 30018 Geografi Hewan dan Tumbuhan (3 sks)

Mempelajari hubungan antara kondisi fisik geografi dan ekologisnya dengan habitat, persebatan komunitas, vegetasi dan hewan serta pemanfaatannya bagi kehidupan manusia.


 

C. MATA KULIAH KEAHLIAN BERKARYA (MKB)


 

GEO 30020    Survey Pemetaan (2 sks)

Memberikan pengetahuan tentang dasar-dasar pengetahuan survei/ukur tanah dan menggunakan alat ukur tanah melalui kerja lapangan dalam rangka mewujudkan peta pada daerah tertentu di muka bumi.


 

GEO 30021    Media Pengajaran Geografi (3 sks)

Memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang pemilihan, pembuatan dan penggunaan model/media pengajaran geografi berdasarkan program materi ajar dalam kegiatan belajar mengajar


 

GEO 30022    Strategi Belajar Mengajar (4 sks)

Memberikan pengetahuan tentang pemilihan kegiatan pengajaran geografi, metode pengajaran dalam kelas, laboratorium dan lapangan serta keterampilan mengajar dan metode pembelajaran.

GEO 30023    Evaluasi Pengajaran Geografi (3 sks)

Memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang prinsip, teknik dan prosedur penilaian serta penentuan faktor-faktor yang dinilai dalam pengajaran geografi.


 

GEO 30024    Sistem Informasi Geografi (2 sks)

Memberikan penetahuan dalam memcahkan permasalahan tentang komponen SIG, pengoperasian, penerapan dan manfaat SIG serta menganalisis dan mengevaluasi suatu wilayah tertentu dengan pendekatan keruangan dan ekologi.


 

GEO 30025    Pengantar Ilmu Sosial (2 sks)

Pengkajian serangkaian pengetahuan elementer mengenai dasar-dasar karakteristik dan kerangka kerja (Frame work) ilmu sosial sebagai suatu disiplin keilmuan.


 

GEO 30026    Perencanaan Pengajaran Geografi (3 sks)

Memberikan pengetahuan tentang prinsip-prinsip penyusunan program tahunan, program semester, satuan pelajaran, silabus, lembar kerja erta pemilihan bermacam-macam pendekatan, analisa materi pelajaran geografi dan pengaplikasiannya dalam pengajaran terbatas.


 

GEO 30027    Skripsi (6 sks)

Memberikan pengalaman dalam penelitian yang diikuti dengan latihan penulisan hasil penelitian/temuan dan disusun dalam bentuk skripsi, dimulai dari langkah-langkah penemuan masalah, memecahkan masalah penelitian, hasilnya dituangkan dalam bentuk skripsi dan dpertahankan di depan dewan penguji.


 


 

D. MATA KULIAH PERILAKU BERKARYA (MPB)


 

GEO 30028    Geografi Regional Indonesia (3 sks)

Mempelajari dan membicarakan tentang Konsep-Konsep Region masing-asing pulau serta profesi dan pengembangannya untuk masa depan.


 

GEO 30029    Geografi Regional Dunia (5 sks)

Mempelajari interelasi dan interdependensi serta kerja sama antara region negara-negara Asia, Australia, Afrika, Amerika dan Eropa


 

GEO 30030    Sosiologi Antropologi (3 sks)

Pembahasan tentang aspek-aspek sosial dan budaya masyarakat akibat pengaruh kondisi geografis di Indonesia.


 

GEO 30031    Statistik Dasar (3 sks)

Memberikan Pengetahuan tentang analisis statistik deskriptif sosial lingkungan dan fisik geografi.


 

GEO 30032    Statistik Lanjutan ( 2 sks)

Memberikan pengetahuan tentang analisis statistik inferensial, analisis data baik fisik mapun sosial serta penafsisrannya secara geografis.

GEO 30033    Geografi Pariwisata (3 sks)

Membicarakan tentang kepariwisataan di Indonesia dengan memperhatikan potensi, perkembangan yang dikaji dari aspek geografi fisik dan geografi sosial budaya.


 

GEO 30034    Metode Penelitian (4 sks)

Memberikan pengetahuan tentang prinsip-prinsip penelitian serta jenis-jenisnya khususnya dalam bidang geografi.


 

GEO 30035    Geografi Politik (3 sks)

Memberikan kajian tentang pengaruh kondisi geografi terhadap faktor sosial, ekonomi dan budaya terhadap perkembangan politik pada wilayah tertentu.


 

STKIP 0005     Pengantar Pendidikan (3 sks)

Membicarakan hakekat manusia dan pengembangannya, hakekat azas, landasan dan lingkungan pendidikan serta pendidikan nasional.


 

STKIP 0006    Perkembangan Peserta Didik (3 sks)

Membicarakan karakteristik pertumbuhan dan perkembangan, kebutuhan dan tahap-tahap perkembangan, penyesuaian diri remaja (usia sekolah menengah) serta implikasinya dalam penyelenggaraan pendidikan.


 

STKIP 0007    Profesi Kependidikan (3 sks)

Membicarakan peranan guru dalam pelayanan bimbingan dan konseling administrasi pendidikan di sekolah, penyikapan tugas, refleksi profesional dan kode etik profesi keguruan.


 

GEO30036    Pengajaran Mikro (3 sks)

Memberikan pengetahuan tentang perangkat pembelajaran serta latihan mengajar di dalam kelas.

GEO 30037    PL Kependidikan (4 sks)

    Memberikan suatu keterampilan, latihan, merencanakan dan melaksanakan praktek belajar mengajar dan kegiatan lainnya di sekolah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

GEO 30038    Bedah Kurikulum/Buku Teks (2 sks)

    Pembahasan tentang komponen-komponen kurikulum pengajaran geografi, perkembangan kurikulum serta karakteristik buku-buku teks yang mendukung


 

GEO30039    Kapita Selekta Geografi (2 sks)

Penseleksian dan mengkaji serta membahas kembali topik-topik geografi yang menarik dan hangat untuk didiskusikan dalam kelas..


 

GEO30040    Pengelolaan Lingkungan Hidup (2 sks)

Usaha-usaha untuk menjaga sumber daya alam yang ada agar menjadi lebih produktif dan efisien dalam penggunaannya dan sesuai dengan kemampuan lahan yang tersedia.


 

GEO30041    Manajemen Wilayah Laut dan Pesisir (2 sks)

Memberikan pengetahuan dan keterampilan untuk mengelola sumber daya laut dan pesisir serta konservasinya untuk kehidupan.


 

GEO30042    Evaluasi Sumber Daya Lahan (2 sks)

Memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang penilaian sumber daya lahan serta pemanfaatannya untuk kehidupan.


 

GEO30043    Pengelolaan Das (2 sks)

Suatu usaha dalam manajemen pemanfaatan dan perlindungan daerah aliran sungai sebagai daerah tangkapan hujan (catchment area), sumber daya air, sarana transportasi sekaligus mencarikan solusi terhadap bencana yang sering ditimbulkannya.


 

GEO30044    Teknik Demografi (2 sks)

Memberikan pengetahuan dan keterampilan untuk menganalisa dan meramalkan serta merencanakan penduduk melalui perhitungan secara teoritis tentang jumlah persebaran komposisi dan dinamika penduduk.


 

E. MATA KULIAH BERKEHIDUPAN BERSAMA (MBB)


 

STKIP0008    Ilmu Kealaman Dasar (3sks)

Memberikan dasar-dasar pengetahuan dan pengertian dalam memanfaatkan perkembangan sains dan matematika secara populer terutama dasar-dasar matematika modern.


 

STKIP0009    Ilmu Sosial dan Budaya Dasar (3 sks)

Memberikan pengetahuan dan permasalahan dasar di bidang ilmu-ilmu kemasyarakatan seperti sosiologi, antropologi, ekonomi, politik, budaya dan psikologi dengan pembahasan interdisipliner guna melengkapi pembinaan kepribadian calon sarjana.


 

GEO 30045    Studi Masyarakat Indonesia (2 sks)

Pengkajian ditekankan pada analisis sebagai perubahan sosial yang terjadi di Indonesia dengan menggunakan berbagai teori dan konsep ilmu sosial, sifat terapannya ditujukan dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan mengamati gejala sosial yang berkembang pada kehidupan sehari-hari.


 

GEO 30046    Pendidikan Ilmu Sosial (2 sks)

Menanamkan pengetahuan dasar tentang pendidikan ilmu sosial mencakup pengertian secara teoritis dan pengembannya dalam pelaksanaan sehari-hari.


 

GEO 30047    Kuliah Kerja Lapangan (KKL) (2 sks)

Mengaplikasikan konse-konsep geografi, teori, prinsip-prinsip dan generalisasi yang dibahas dalam kelas melalui kuliah kerja lapangan.

Tidak ada komentar:

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP